YUK MENGENAL ANGKATAN TNI DARI SERAGAMNYA

Hayo siapa Cartenzsquad yang masih belum bisa membedakan TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara ?

Pada umumnya orang awam memandang semua yang berbaju loreng atau army look adalah TNI tanpa mengetahui cabang angkatan mereka. Sebenarnya penting untuk mengetahui cabang angkatan mereka, agar kita tahu tugas mereka berada di darat, laut atau udara. Maka dari itu yuk kita mengenal lebih jauh cabang Angkatan TNI dari warna seragam yang mereka kenakan




1. TNI Angkatan Darat

Pada TNI Angkatan Darat seragam yang biasa mereka gunakan sehari hari yaitu seragam berwarna hijau polos, untuk pakaian dinas harian lapangan (PDL) TNI – AD ini menggunakan pakaian Army look berwarna hijau kecoklatan dengan loreng-loreng pada seragamnya. Seluruh pakaian mereka dilengkapi dengan atribut lencana, baret serta sepatu pantofel.

Warna hijau yang digunakan TNI Angkatan Darat menyesuaikan dengan keadaan hutan hutan di Indonesia agar para TNI dapat berkamuflase dengan baik saat berada di medan perang khususnya di hutan. Pakaian yang mereka gunakanpun sengaja dibuat slimfit atau pas di badan untuk memberikan kesan gagah sekaligus rapih.

2. TNI Angkatan Udara

Pada TNI Angkatan Udara seragam yang mereka kenakan dikategorikan menjadi Pakaian Dinas Upacara (PDU), Harian (PDH), Pesiar (PDP), Pakaian Dinas Lapangan (PDL), Drumband (PDD) & Olahraga (POR).

Warna seragam yang mereka gunakan sehari hari yaitu seragam berwarna biru telor asin, untuk pakaian dinas harian lapangan (PDL) mereka menggunakan pakaian Army look dengan warna biru loreng. Sama seperti cabang TNI lainnya pakaian merekapun dilengkapi dengan berbagai atribut.

3. TNI Angkatan Laut

Untuk TNI Angkatan Laut pakaian yang mereka miliki untuk sehari hari memang lebih banyak dibanadingkan dengan cabang angkatan lainnya, mereka memiliki pakaian menjadi Pakaian PDH Upacara, PDH Penerbang, PDH Penerbang SAR, PDH Pomal, PDH Layar, PDH Olahraga dan Pakaian Dinas Hamil tersebut merupakan seragam resmi anggota Korps Wanita TNI-AL (Kowal).

Untuk seragam dinas harian mereka menggunakan warna biru dongker. Untuk pakaian dinas harian lapangan mereka menggunakan Pakaian hijau loreng. Selain warna biru laut dan loreng, TNI-AL memiliki seragam khusus yakni warna putih. Seragam putih yang menjadi seragam kebesaran Korps Angkatan Laut.

Dikutip dari Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP Panglima TNI, mengatakan “Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu angkatan darat, laut dan udara, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan, Maka dalan kedinasan sehari hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan “

Seperti yang dikatakan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP Panglima TNI Walaupun berbeda jenis dan warna seragamnya, baju loreng TNI merupakan bentuk satu kesatuan yang utuh dari tiga angkatan. Hal tersebutlah yang menandakan walaupun berbeda seragam seluruh angkatan TNI memiliki satu tujuan yaitu memperkuat, mempertahankan dan menjaga kedaulatan Negara Indonesia.

Nah itu dia Seragam yang dikenakan setiap cabang angkatan TNI kita, sebenarnya masih banyak lagi loh jenis seragam yg mereka miliki Cartenzquad.