5 FILM BERTEMAKAN TENTARA MILITER YANG PASTINYA SERU UNTUK DITONTON

Di artikel kali ini Cartenzsquad akan kita ajak untuk mengetahui dunia militer dengan cara yang lebih menarik nih. Tidak hanya melalui artikel saja, bagi kalian yang menyukai dunia militer bisa banget menyaksikan film-film bertema militer buatan asli Indonesia dengan cerita yang seru, menantang, membuat penasaran dan romantis. Apa saja filmnya, ayo kita simak sedikit sinopsisnya ;

1. Badai di Ujung Negeri (2011)

Badai adalah marinir yang ditugaskan di pos jaga perbatasan Indonesia di sebuah pulau di Laut Cina Selatan (Pulau Bintan). Penemuan mayat misterius mempertemukannya kembali dengan Joko, sahabat lama yang ditugaskan di kapal KRI.

Dika, anak nelayan teman Badai ditemukan mati. Kesalahpahaman Joko dan Badai tentang kematian Nugi, adik Joko, mempengaruhi kerjasama mereka dalam menemukan siapa pembunuh Dika dan mayat-mayat lainnya yang belakangan bermunculan terapung di laut.

Badai dan Joko dijebak ke pulau terpencil sementara para pembunuh merencanakan pembajakan sebuah kapal tanker di laut perbatasan, memanfaatkan kelemahan konflik di antara mereka dan kondisi kapal KRI yang sudah tua.

2. Jenderal Soedirman (2015)

Jendral Soedirman adalah film yang menceritakan tentang seorang tokoh hebat yang bernama Soedirman, seorang jendral besar yang memimpin perang gerilya untuk mempertahankan kemerdekaan walaupun sedang dalam keadaan sakit.

Cerita berawal dari pasukan Belanda yang mendesak TNI menghadapi serangan di Yogyakarta (ibu kota Indonesia saat itu) serangan dilakukan saat rakyat Indonesia belum memiliki persenjataan yang lengkap. Kemudian diputuskanlah untuk membagi perjuangan kedalam dua bagian yakni perjuangan besenjata lewat perang gerilya semesta dan perjuangan politik melalui negosiasi serta diplomasi. Jendral Soedirman dihadapkan kapda perang gerilya.

Dengan keuletan Jendral Soedirman dan pasukannya berhasil mengelabui tentara belanda, mereka selalu bisa meloloskan diri dari kejaran pasukan Belanda hingga akhirnya dapat kembali lagi masuk ke Yogyakarta.

3. I Leave My Heart in Lebanon (2016)

Menceritakan tentang konflik percintaan antara Diah dan kekasihnya Kapten Satria. Kapten satria ditugaskan untuk pergi ke Lebanon, disana dia bertemu dengan Rania seorang guru asli Lebanon, pertemuannya membuat kapten satria dan rania menjadi semakin akrab.

Di Indonesia diah bertemu dengan andri yang merupakan pemuda lulusan inggris dan pengusaha di bidang property. Andri menaruh hati pada diah, andri didukung oleh ibu diah namun ayah diah justru sebaliknya dan meminta Diah untuk menunggu kapten Satria selesai tugas.

Film ini di adaptasi dari Novel Karya TB Silalahi dengan judul yang sama, Dalam film ini diperlihatkan juga adegan adegan ketika mereka melakukan latihan khusus bersama beberapa anggota TNI.

4. Merah Putih Memanggil (2017)

Cerita film ini dimulai dengan adanya pembajakan kapal pesiar ukuran sedang berbendera Indonesia, Merah Putih diperairan wilayah Indonesia oleh teroris internasional. Beberapa orang diculik dan dibawa ke suatu daerah di bagian selatan negara tetangga.

Pimpinan penculik meminta tebusan dari negara-negara yang warga negaranya diculik dan sudah tentu termasuk Indonesia. TNI tidak bisa berbuat apa-apa karena teroris itu berada di negara lain. Namun karena pendekatan dari Pemerintah Indonesia negara tetangga tersebut memberi ijin dan kesempatan kepada TNI untuk masuk ke daerahnya untuk membebaskan sandera dengan dibatasi waktu 2×24 jam.

Untuk itu TNI membuat rencana Operasi Gabungan yang melibatkan semua Angkatan. TNI AD melakukan operasi tertutup dengan mengirimkan 1 team dari Batalyon Anti Teror Kopassus yang diterjunkan malam hari secara free fall. Dalam keadaan siap siaga mereka dibantu pesawat tempur dari TNI AU serta kapal-kapal perang TNI AL di pantai serta operasi Kopaska atau Pasukan Katak dan Batalyon Marinir untuk didaratkan.

5. Jelita Sejuba Mencintai Kesatria Negara (2018)

Kisah Cinta Sharifah dan Jaka memang tidak terlalu berliku, takdir seakan menpertemukan mereka dengan mudah. Tanpa pacaran bertele-tele, Jaka segera melamar Sharifah dan mereka pun menikah. Namun, kisah cinta bukanlah melulu mengenai pertemuan. Menjalani kehidupan cinta dalam bentuk rumah tangga, apalagi rumah tangga keluarga tentara, mempunyai dinamika tersendiri.

Tidak mudah memang menjadi istri yang kerap ditinggal sang suami yang mengabdi tugasnya kepada Negara. Film ini juga memperlihatkan keindahan Natuna, Riau, beserta budayanya yang selama ini jarang diangkat.

Nah, itu adalah 5 Film mengenai dunia Militer yang kita rekomendasikan untuk Cartenzsquad yang tentu saja Filmnya bakalan lebih seru dari sekedar sinopsis. Banyak juga pembelajaran serta makna dalam film-film diatas. Ada yang sudah kalian tonton belum nih Cartenzquad ?