Kisah perjuangan Tjut Nyak Meutia di tanah Aceh

Halo Cartenzsquad, berikut ini kisah perjuangan Tjut Nyak Meutia melawan para penjajah , Simak ceritanya berikut ini.

Cut Meutia lahir di Perlak, Aceh, pada 1870. Ia bersama sang suami, Teuku Cik Tunong, memimpin perang di daerah Pasai. Pasangan ini menggunakan taktik gerilya untuk menghadapi Belanda.
Perjuangan mereka membuat kerugian bagi Belanda. Namun, Teuku Cik Tunong ditangkap oleh Belanda dan mendapat hukuman tembak. Setelahnya, Cut Meutia menikah kembali dengan Pang Nangru yang merupakan orang kepercayaan suaminya terdahulu.Keduanya lalu kembali melanjutkan perjuangan Teuku Cik Tunong.


Namun, perjuangan Cut Meutia dan Pang Nangru semakin berat. Mereka semakin terdesak dan akhirnya Pang Nangru tewas. Perjuangan Cut Meutia tidak surut, ketika diminta menyerahkan diri, ia memilih hidup berpindah-pindah di hutan bersama anaknya.

Hingga akhirnya, ia tersudut di persembunyian dan dengan sebilah rencong di tangan, pada 24 Oktober 1910, Cut Meutia mencoba melakukan perlawanan, namun ia gugur karena tertembak. Atas jasanya, pemerintah memberikan Gelar Pahlawan Nasional pada Cut Meutia lewat SK Nomor 107 Tahun 1964. Dirinya juga menjadi pahlawan perempuan yang paling sering muncul dalam lembaran rupiah. Cut Nyak Meutia sosoknya juga dimunculkan sebagai gambar depan di uang nominal Rp1.000 sekarang ini.
Oke Cartenzsquad, mari kita hargai jasa para pejuang kita dalam membela tanah air tercinta.

 

Sumber : www.idntimes.com