LATIHAN FISIK ALA MILITER

Halo Cartenzsquad, sebagai anggota militer yang bertugas menjaga keamanan negara, dibutuhkan fisik yang kuat dan kondisi yang prima. Kekuatan dan ketangkasan ini diperoleh dari serangkaian pelatihan intensif dengan disiplin yang tinggi. Kebanyakan menggunakan latihan kalistenik, yakni latihan kebugaran yang melibatkan hampir seluruh bagian tubuh dan membentuk gerakan-gerakan tanpa alat bantu apa pun.

Namun, meski kelihatannya latihan yang dijalani sangat berat, ada beberapa jenis latihan fisik ala militer yang mudah dipraktikkan sendiri di rumah Kamu . Ayo langsung cek, cartenzsquad.

1. Push up

Menumpukkan beban tubuh pada lengan dalam push up membantu mengencangkan otot lengan, mengecilkan perut, dan membakar kalori.

2. Sit up

Sit up akan membantu memperbaiki postur tubuh dan memperindah bentuk perut. 

3. Plank

Lakukan plank untuk melatih otot-otot inti tubuh seperti perut serta melatih tulang belakang. Kontraksikan otot-otot perut untuk menahan beban tubuh lalu tahan selama 20 detik.

4. Squat

Squat untuk melatih punggung, perut serta paha. Lakukan dengan tempo 2:1:2 — dua detik tahan di posisi bawah, satu detik naik ke atas, dua detik tahan di posisi bawah. 

5. Crunches

Latihan crunches juga menargetkan ke area perut. Jenis gerakan ini hamper sama dengan gerakan sit up karena dianggap sebagai gerakan setengah sit up.

6. Pull up

Selanjutnya, latihan pull up dilakukan untuk menilai kekuatan otot tangan. Gunakan bantuan alat untuk bisa menopang berat beban tubuh kamu seperti pagar atau tiang tiang.

7. Lari Cooper

Lari cooper atau lari sejauh mungkin selama 12 menit. Umumnya, cowok bisa melakukan 7-8 putaran lapangan sepak bola sedang cewek 5 putaran.

8. Shuttle run

Jenis lari lainnya yang bisa dipraktikkan adalah shuttle run, lari bolak-balik antara dua batas berupa tiang yang berjarak 10 meter.

 

Sumber : www.hipwee.com