MENGENAL LEBIH DEKAT RANSUM TNI

Tahukah Cartenzsquad hal menarik lain dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) kita ?

Akhir akhir ini makanan TNI di medan perang memang sedang hits, makanan TNI ini dinamakan Ransum TNI. Ransum adalah makanan pra-saji atau makanan kaleng yang mudah disiapkan dan mudah dimakan. Ransum memang dirancang berbeda dari makanan lainnya dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan protein dan nutrisi serta memudahkan TNI mengkonsumsi makanan saat berada di lapangan atau di medan perang.

Pada umumnya Ransum terdiri dari :

1. Bubuk Minuman

Minuman yang terdapat di dalam paket ransum TNI dinamakan IMUKAL, minuman ini memiliki banyak gizi dan manfaat yang terkandung di dalamnya seperti nutrisi, vitamin, dan Mineral Essensial yang fungsinya dapat meningkatkan daya tahan serta mempercepat pemulihan sel dalam tubuh prajurit TNI.

Minuman IMUKAL ini memang di khususkan bagi prajurit TNI dikarenakan kandungan protein yang tinggi bahkan sama atau lebih besar kandungannya dari susu Fitness sehingga bagi mereka yang asal mencoba minuman IMUKAL akan mengalami gangguan pencernaan karena belum terbiasa dan memang diperuntukan untuk tubuh para TNI.

Selanjutnya terdapat minuman susu atau MINSUS merupakan minuman bubuk susu yang didalamnya memiliki kalori cukup banyak, biasanya di konsumsi saat para TNI hendak tidur. Dan terdapat juga minuman lainnya seperti kopi susu dan jahe susu.

2. Snack/Cemilan

Cemilan Konsentrat atau yang biasa dinamakan ENERTAB, merupakan singkatan dari Energi Tablet makanan ini berbentuk batangan padat yang rasanya seperti susu, manis dan memiliki kandungan kalori yang banyak

Cemilan lainnya dinamakan ENERKIT, merupakan singkatan dari Energi Biskuit. Ransum ini memiliki rasa yang hambar namun hanya dengan memakan satu bungkus ENERKIT sudah dapat menghilangkan rasa lapar dan bahkan bisa bertahan cukup lama.

Makanan Berat berupa nasi yang telah dilengkapi lauk. Makanan berat yang terdapat di dalam ransum yaitu makanan yang terbuat dari kaleng, dengan banyak pilihan menu seperti nasi tim ayam, nasi gulai ikan, nasi daging dll. Cara mengkonsumsinyapun cukup mudah, dapat dimakan langsung atau dihangatkan sejenak. Soal rasa makanan kaleng ini tidak dapat diragukan lagi, dengan kalori yang besar bahkan satu kalengnya dapat dikonsumsu untuk dua orang.

3. Alat memasak

Didalam paket ransum biasanya disertakan juga alat memasak seperti alat pemanas kecil lipat, lengkap dengan lilin (paravin) dan korek api yang fungsinya untuk memanaskan nasi kalengan

4. Peralatan makan

Lalu terdapat Peralatan makan seperti garpu yang sudah menyatu dengan sendok, tisu serta terdapat tusuk gigi

Bagi kalian yang kepo dengan rasanya, sebenarnya ransum – ransum TNI ini tidak dapat diperjual belikan selain karna memang kandungannya yang di khususkan bagi prajurit TNI ransum juga diperuntukan bagi TNI yang berada di medan perang. So bagi kalian Cartenzsquad yang tidak atau belum menjadi TNI jangan pada ngiler yaa