CARTENZ TACTICAL X WARNA BARET TNI

Sebelumnya Kita sudah membahas mengenai asal muasal Cartenz Tactical, kini kita akan membahas Cartenz Tactical X Warna Baret TNI. Rasa Cinta Cartenz Terhadap bangsa Indonesia diwakilkan dengan kecintaan kami kepada Gunung, Darat, Lautan, Udara dan semua bagian tersebut dilindungi oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Jika dikualifikasikan Pembeda antar TNI dapat ditandai dengan waran Baret yang mereka kenakan. Mari kita cari tau Arti warna Baret yang terkandung dalam logo Cartenz Tactical.
1. Baret Jingga dimiliki Korps Pasukan TNI Angkatan Udara

Radarmiliter.com

Korps Pasukan Khas TNI Angkatan Udara (disingkat Korpaskhasau, Paskhas atau sebutan lainnya Baret Jingga), merupakan pasukan (khusus) yang dimiliki TNI Angkatan Udara. Paskhas merupakan satuan tempur darat berkemampuan tiga matra, yaitu udara, laut, darat. Setiap prajurit Paskhas diharuskan minimal memiliki kualifikasi para-komando (Parako) untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional, kemudian ditambahkan kemampuan khusus kematraudaraan sesuai dengan spesialisasinya.

tni-au.mil.id

Tugas dan tanggung jawab Korpaskhas sama dengan pasukan tempur lainnya yaitu sebagai satuan tempur negara, yang membedakan yaitu dari semua fungsi paskhas sebagai pasukan pemukul NKRI yang siap diterjunkan disegala medan baik di udara, hutan, kota, rawa, sungai, laut untuk menumpas semua musuh yang melawan NKRI.

Baret Paskhas dengan warna jingga mempunyai latar belakang historis yaitu ketika operasi penerjunan payung pertama pada 17 Oktober 1947 di Sambi Kotawaringin, Kalimantan Tengah. Terlihat mentari pagi di ufuk timur yang berwarna jingga mengiringi prajurit keluar dari pesawat udara untuk memulai baktinya kepada bangsa dan Negara. Nuansa jingga Tersebut yang kemudian menjadi warna baret Prajurit Paskhas

Warna Jingga merupakan perpaduan dari warna merah dan kuning. Warna merah bermakna keberaniaan dan kerelaan berkorban sedangkan warna kuning bermakna kejujuran dan keluhuran budi. Warna jingga pada baret Paskhas bermakna bahwa prajurit mempunyai jiwa keberianian dan jiwa kerelaan berkorban yang tinggi didukung dengan keteguhan hati.

 

2. Baret Hitam Dimiliki Batalyon Kavaleri Pasukan TNI Angkatan Darat

Bening.media

Batalyon Kavaleri (disingkat Yonkav atau sebutan lainnya Baret Hitam), merupakan pasukan (khusus) yang dimiliki TNI Angkatan Darat. Ukuran Batalyon bagi Korps yang menggunakan Baret Hitam ini biasanya menggunakan jumlah kendaraan yang dimiliki, terdiri dari sekian tank atau sekian panser. Kavaleri terkenal dengan kendaraan yang digunakan di dalam pertempuran yaitu kuda karena Kavaleri merupakan pasukan berkuda di dalam pertempuran aslinya. Mengikut perkembangan zaman, sekarang kavaleri dibekali oleh kendaraan tempur seperti Tank, Panser, dll

jendralari.blogspot.com

Contoh yonkav yang persenjataannya hanya tank yaitu yonkav 1 atau tank Kostrad. Sedangkan khusus untuk panser contohnya adalah yonkav 7 atau panser khusus Kodam Jaya. Jika kavaleri yang memegang gabungan maka contohnya yonkav 9 atau serbu, yonkav 4 atau serbu, yang terdiri dari Kodam Jaya dan Kodam 3 atau Siliwangi. Seluruh yonkav tersebut ditugaskan untuk bisa mengoperasikan alat tempur tersebut agar bisa mengoperasikannya sewaktu-waktu dibutuhkan dalam perang.

Korps Kavaleri di seluruh dunia memang mengenakan baret hitam, Kata Wakil Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri Kolonel Nugroho Tjendakiarto mengatakan, ini adalah tradisi semata. Kalau dicari-cari, mungkin karena orang Kavaleri banyak bergaul dengan mesin dan kendaraan tempur sehingga dekat dengan oli. ”Daripada baret kotor dan jadi hitam,” ujarnya. Warna hitam sendiri sesungguhnya memiliki makna kekuatan dan keberanian serta menurut simbolisme psikologis warna hitam menunjukan jiwa perlindungan hal tersebut yang mendasari sikap prajurit yonkav.